Ticker

6/recent/ticker-posts

Mengenal Lebih dekat E-Learning

E-learning
Apakah itu...???

Berbagai pengertian bisa kita temukan untuk e-learning. Victoria L. Tinio, misal, menyatakan bahwa e-learning seperti pembelajaran pada semua tingkatan, formal ataupun nonformal, yang memakai sebuah jaringan kompute (internet ataupun ekstranet) untuk menghantarkan bahan ajar, fasilitas ataupun interaksi. Pembelajaran yang sebagian kegiatannya berlangsung dengan bantuan jaringan internet sering disebut juga sebagai online learinng.
Pengertian yang lebih luas di nyatakan pada working paper SEAMOLEC, yaitu e-learning merupakan pembelajaran melalui jasa elektronik. Walaupun banyak pengertian tetapi pada dasarnya disetujui bahwa e-learning merupakan sebuah pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi elektronik sebagai sarana penyajian dan distribusi informasi.
Internet-based learning ataupun web-based learning dalam bentuk yang paling mudah merupakan website yang dimanfaatkan sebagai sajian materi pembelajaran. Cara ini memungkinkan pembelajar dapat mengakses sumber belajar yang disediakan oleh fasilitator ataupun narasumber kapanpun akan dikehendaki. Jika diperlukan dapat pula disediakan mailing list khusus sebagai situs pembelajaran yang memiliki fungsi untuk form diskusi.
Fasilitas e-learning disediakan oleh perangkat lunak yang secara khusus disebut perangkat lunak pengelola pembelajaran. atau LMS (learning menagement system).
Fasilitas yang disediakan meliputi pengelolaan perserta atau siswa didik, proses pembelajaran, materi pembelajaran, dan juga evaluasi pembelajaran serta komunikasi pembelajaran dengan fasilitatornya.
Fasilitas ini dapat mengungkinkan suatu kegiatan dikelola tanpa adanya tatap muka langung diantara pihak yang terlibat (administrator, fasilitator, peserta didik atau pembelajar).  ‘Kehadiran’ pihak-pihak yang terlibat diwakili oleh e-mail, kanal chatting, atau melalui video conference.

Posting Komentar

0 Komentar