Ticker

6/recent/ticker-posts

Lengkap Banget Wifi Tidak Bisa Konek (Not Connect) Setelah Install Ulang - Tenang Ini Solusinya

Halu Gaes, bagi kalian yang belum paham atau udah cari cara kesana kemari dan akhirnya mampir di cukupgo.blogspot.com ini. Beruntung banget bisa mampir di cukupgo.blogspot.com, karena ane mau ngasih solusi jika wifi yang biasa kalian gunakan sehari-hari tiba-tiba not connect atau setelah install ulang tiba-tiba wifi nya tidak konek. Langsung aja ya kita masuk cara yang pertama

1. Cek dulu, Pakai Laptop Baru atau Udah Lama

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah cek laptop yang digunakan itu laptop yang baru beli dari toko atau laptop yang sudah lama atau beli nya sekon. Nah point disini adalah ketika beli Laptop Baru dan wifi nya bermasalah kadang bisa konek dan kadang tidak bisa konek, itu berarti sudah ALAMAT, laptop baru tersebut harus dibawa ke service center nya merk laptop tersebut. Kenapa...??? karena kalau laptop itu masih baru, ane beberapa kali menemukan kasus bahwa wifi tersebut ada kecacatan produksi terkait adpater wifi yang digunakan dalam laptop tersebut, entah itu pemasangan kurang pas atau ada hal lain yang mengakibatkan wifi nya bisa konek dan tidak konek. BAWA KE SERVICE CENTER

2. Laptop 2nd, setelah install ulang not connect

Jika laptop yang digunakan adalah laptop lama atau laptop beli 2nd yang sebelum-sebelumnya konektivitas wifi lancar-lancar saja, kemudian setelah di install ulang wifi menjadi tidak konek. Cara nya adalah sebagai berikut, cara ini bisa digunakan dalam operasi sistem windows 7, 8, 8.1 maupun windows 10 jadi cermati baik-baik ya:

  • Buka control panel terlebih dahulu

  • Kemudian Pilih Network and Internet
  • Selanjutnya pilih Network and Sharing Center
  • Kemudian pilih "Change adapter settings" di tulisan sebelah kiri, kalau gak ketemu cari aja sampai ketemu heuheu.

  • Bisa dipastikan setelah di buka akan terlihat seperti ini kalau laptop baru install ulang dan belum diapa2in.

Kalau terlihat seperti gambar di atas berarti Laptop yang telah di install ulang belum menginstal "DRIVER" wireless network  nya. JADI harus di install terlebih dahulu DRIVER nya. Nah tapi ada pertanyaan, download nya dimana, caranya download gimana, kan wifi nya kaga bisa. Sssssttttttt simpan tenaga Anda untuk melontarkan pertanyaan tersebut. Karena akan ane bahas dengan detail ya, jadi perhatikan dan baca baik-baik step by step nya. Jadi gini, ketika diver belum di download kalian harus cek dulu MERK dan TIPE LAPTOP tersebut jadi, bisa di cek di kardus atau bagian bawah atau atas atau di slempetan laptop biasanya ada, sebagai contoh ni MERK ASUS TIPE X454Y. Nah setelah tahu nama merk dan tipe nya kemudian cek windows yang di pake apa dan bitnya 32 atau 64bit, 7, 8, 8.1 atau 10 atau jangan2 masih pake windows XP helloooooo 2020 mau 2021 masih pakai windows XP heuheuheu. Setelah itu bisa PAKE KABEL LAN untuk terhubgung ke internet, jika tidak punya bisa PINJAM LAPTOP TEMAN SAUDARA PACAR ATAU SELING itulah pokoknya bisa juga pakai PC KOMPUTER atau HP atau SMARTPHONE yang sudah ada fitur bisa internet. Kemudian cari tuh di GOOGLE dengan kata kunci "DOWNLOAD DRIVER WIRELESS ASUS TIPE X454Y WINDOWS (7,8,8.1,10 - sesuaikan dengan windows mu).

Kemudian pilih deh driver nya dibagian NETWORK dan WIRELESS pokok nya yang ada tulisan WIRELESS nya atao kalau bingung mending ane saranin download semua, kalau kaga ada kuota gimana bang, BELI BAMBANG heuheuheuehue.

  • Setelah di download biasanya seperti ini.

  • Ekstrak semua, jangan lupa ekstrak yang ada".exe atau tulisan application" nya lalu next2 terus sampai finish. kemudian setelah selesai restart Laptop nyaa.
Dannnnn HUWALAAAAAAAAA. secara ajaib nanti akan menjadi seperti ini
Iya iya iya ane tau dan ane paham, masih belum bisa kan....??? kalau sudah bisa baca nya cukup segini aja. Tapi kalau belum bisa ane harus jelasin lagi nih... aheduh heuheuheu. Biasa nya kalau masih belum bisa driver yang di download belum pas atau beda dengan tipe dan OS laptop nya, jadi ibarat orang COWOK disuruh memakai sepatu CEWEK pasti gak bisa dan gak mau. Intinya harus sesuaikan dengan MERK LAPOTP TIPE dan OS nya (BIT JUGA). 

Ada kasus lagi ketika DRIVER WIFI SUDAH TERINSTALL di control panel tapi masih tidak bisa konek sperti gambar di bawah ini. 


  • Jadi gambar di atas wifi nya sedang OFF entah itu ada yang pencet atau kepencet jadi wifi nya dalam kondisi di OFF kan, caranya adalah tinggal klik aja ikon wifi yang ane beri tanda panah dan aneberi lingkaran di bawah itu ya. Nanti wifi akan kembali seperti sedia kala seperti pada gambar di bawah ini.
  • Itu dulu sih penjelasan nya jika masih bingung bisa lihat video di bawah ini yah. 


Akhir Kata
Demikian info sedikit tentang wifi laptop yang tidak bisa konek. Kalo kalian punya pertanyaan saran curhat seputar dunia teknologi jangan sungkan untuk sharing-sharing ke mimin aja. Yupsss kiranya udah cukup untuk coretan ini.

Matur Tengkiyu - Semoga bermanfaat dan berkah

Posting Komentar

0 Komentar