Ticker

6/recent/ticker-posts

Apa itu software IDE Arduino?

Halu gaes, kali ini mimin sengaja ngepos (meski ane bukan pak pos. tapi gak papa ya kalau ngepos) artikel tentang Arduino Uno. Artikel ini adalah tulisan yang saya remake dari blog saya sebelumnya dari salah satu blog mimin waroeng-alam.blogspot.com yang sudah tenggelam dalam pencarian Google. Akhirnya mimin memutuskan untuk me remake ke website baru yang sudah mimin upgrade hosting baru menjadi inilahcarague.comArtikel ini sebenarnya merupakan tugas akhir ane yang sengaja ane bagi disini (semoga bermanfaat) karena selain nyimpen file ane biar aman, ane copas di blog sehingga bisa dilihat masyarakat seluruh dunia, Nah akan ada beberapa bagian dalam pos ini, dan yang ente baca saat ini merupakan bagian keempat yang membahas tentang perkenalan software IDE Arduino Uno. Apa itu software IDEArduino Uno.... Yuhu Cekidot...

Untuk memprogram board Arduino, dibutuhkan aplikasi IDE (Integrated Development Environment) bawaan dari Arduino. Aplikasi ini berguna untuk membuat, membuka, dan mengedit source code Arduino. Selanjutnya, jika source code yang ditulis untuk Arduino, disebut sketch. Sketch merupakan source code yang berisi logika dan algoritma yang akan diupload ke dalam IC mikrokontroler Arduino.
Software IDE Arduino adalah pengendali mikro single-board yang bersifat open source, diturunkan dari platform wiring untuk memudahkan penggunaan elektronik dalam berbagai bidang, hardwarenya menggunakan prosesor Atmel AVR dan softwarenya memiliki bahasa C++ yang sederhana dan memiliki fungsi yang lengkap (Heri A.,2016)
(Tampilan software IDE pada Arduino)
Dari tampilan software IDE terdapat beberapa menu yang memilki fungsi sebagai berikut:
  1. Verify: pada versi sebelumnya dikenal dengan istilah Compile. Sebelum aplikasi diupload ke board Arduino, biasakan untuk memverifikasi terlebih dahulu sketch yang dibuat. Jika terdapat kesalahan pada sketch, nanti akan muncul error. Proses Verify / Compile mengubah sketch ke kode biner untuk diupload ke mikrokontroller.
  2. Upload: tombol ini berfungsi untuk mengupload sketch ke board Arduino. Walaupun kita tidak mengklik tombol verify, maka sketch akan dicompile, kemudian langsung diupload ke board Arduino. Berbeda dengan tombol verify yang hanya berfungsi untuk memverifikasi source code saja.
  3. New Sketch : Membuka window dan membuat sketch baru
  4. Open Sketch : Membuka sketch yang sudah pernah dibuat. Sketch yang dibuat dengan IDE Arduino akan disimpan dengan ekstensi file .ino
  5. Save Sketch : menyimpan sketch, tapi tidak disertai mengcompile.
  6. Serial Monitor : Membuka interface untuk komunikasi serial, nanti akan kita diskusikan lebih lanjut pada bagian selanjutnya.
  7. Keterangan aplikasi : pesan-pesan yang dilakukan aplikasi akan muncul di sini, misal "Compiling" dan "Done Uploading" ketika kita mengcompile dan mengupload sketch ke board Arduino.
  8. Konsol : Pesan-pesan yang dikerjakan aplikasi dan pesan-pesan tentang sketch akan muncul pada bagian ini. Misal, ketika aplikasi mengcompile atau ketika ada kesalahan pada sketch yang kita buat, maka informasi error dan baris akan diinformasikan di bagian ini.
  9. Baris Sketch : bagian ini akan menunjukkan posisi baris kursor yang sedang aktif pada sketch.
  10. Informasi Port : bagian ini menginformasikan port yang dipakah oleh board Arduino.

Akhir Kata

Demikian info sedikit tentang pengenalan software IDE Arudino. Kalo kalian punya pertanyaan saran curhat seputar dunia teknologi jangan sungkan untuk sharing-sharing ke mimin aja. Yupsss kiranya udah cukup untuk coretan ini.

Matur Tengkiyu - Semoga bermanfaat dan berkah

Posting Komentar

0 Komentar