Ticker

6/recent/ticker-posts

Bagian dan Fungsi Arduino

Awal kata
Oke gais.... kali ini ane sengaja ngepos (meski ane bukan pak pos. tapi gak papa ya kalau ngepos) artike tentang Arduino Uno. Artikel ini adalah tulisan yang saya remake dari blog saya sebelumnya dari salah satu blog mimin waroeng-alam.blogspot.com yang sudah tenggelam dalam pencarian Google. Akhirnya mimin memutuskan untuk me remake ke website baru yang sudah mimin upgrade hosting baru menjadi inilahcarague.com. Artikel ini sebenarnya merupakan tugas akhir ane yang sengaja ane bagi disini (semoga bermanfaat) karena selain nyimpen file ane biar aman ane copas di blog dan bisa dilihat masyarakat seluruh dunia, Nah akan ada beberapa bagian dalam pos ini, dan yang ente baca saat ini merupakan bagian pertama yang membahas tentang perkenalan Arduino Uno. Apa itu Arduino Uno.... Yuhu Cekidot...

Inti
Mikrokontroler Arduino Uno memiliki beberapa bagian diantaranya terdapat prosesor, USB, konektor daya, saklar daya otomatis,  pin digital, pin analog, pin daya, dan saklar reset.
Gambar Struktur bagian dari papan Arduino Uno
Fungsi dari beberapa komponen yang melekat pada papan Arduino Uno yaitu:
  1. Konektor USB berfusngsi untuk menghubungkan papan Arduino ke komputer. Ketika terhubung, papan Arduino yang didukung kabel USB dapat meng-upload kode dan dapat berkomunikasi dari komputer ke papan Arduino.
  2. Konektor daya digunakan ketika tidak ingin menghubungkan Arduino dengan kabel USB. Sebaliknya dapat menggunakan transformator normal (power adapter) dalam kisaran dari 6V ke 24V. Arduino memiliki on board power regulator yang tidak pernah menghubungkan sumber daya yang lebih besar dari 24V.
  3. Saklar daya otomatis berupa jumper plastik yang terletak antara konektor USB dan konektor daya. Jika ingin menghubungkan Arduino dengan USB dapat menempatkan jumper dua pin yang paling dekat dengan konektor USB dan jika ingin sumber daya eksternal dapat menempatkan jumper selama dua pin paling dekat dengan konektor daya.
  4. Terdapat 13 pin digital di papan Arduino dan ini dapat digunakan baik sebagai input dan output tergantung pada pengaturan tema dalam program.
  5. Pin analog hanya bekerja sebagai masukan tetapi dapat menangani jangkauan yang lebih besar dari informasi yang masuk dalam pin digital
  6. Pin daya berada di sebelah kiri pin analog sehingga dapat memberi tegangan baik 3.3V atau 5V.
  7. Reset switch berfungsi untuk mengembalikan  program apapun pada Arduino untuk memulai dari awal.
  8. Prosesor berfungsi sebagai pengendali dari seluruh sistem yang digunakan baik berupa software maupun hardware.

Akhir Kata
Demikian info sedikit tentang Bagian dan Fungsi Arduino. Kalo kalian punya pertanyaan saran curhat seputar dunia teknologi jangan sungkan untuk sharing-sharing ke mimin aja. Yupsss kiranya udah cukup untuk coretan ini.

Matur Tengkiyu - Semoga bermanfaat dan berkah

Posting Komentar

0 Komentar