Ticker

6/recent/ticker-posts

Belajar program awal Arduino - Blink lampu berkedip

Kali ini ane mau bagi sedikit tulisan tutorial nih gaes, tulisan tutorial kali ini ane akan bercerita  tentang dunia arduino-an. Nah ketika kita ingin belajar tentang arduino, langkah awal adalah mengecek apakah arduino bisa berjalan dengan lancar atau tidak. Cara menegceknya sendiri sangatlah mudah, yakni dengan menggunakan program yang sudah ada dari Software IDE pada Arduino sendiri dan diberi nama "blink". Program blink ini merupakan program dari Arduino untuk menyalakan led dengan nyala kelap-kelip pada waktu tertentu. Seperti apa caranya...........
Yuhu ........... Langsung aja cekidot
  • Pertama marilah kita berdoa terlebih dahulu sebelum memulai kegiatan, agar nanti apa yang akan kita lakukan menjadi barakah. Betul gak gengs..
  • Cek dulu ente punya software IDE Arduino  gak euy...., semisal gak punya download dulu sana... download nya disini dan ente harus tahu fungsi fungsi dan kegunaan pada software IDE Arduino, cek aja disini ya gengs.
  • Hubungkan USB dari Arduino ke Laptop atau PC ente kemudain buka ntu software IDE Arduino
  • Selanjutnya cek pada software pada menu "tools" ---> pilih "boards"  ---> pilih "arduino/genuino uno" ya gengs.

  • Nah baru ente buka program "blink" nya atau semisal belum punya bisa buat sendiri dengan menulis kode sebagai berikut:

// Fungsi setup akan berjalan terus dan akan mati jika ditekan reset
void setup() {
  // Masuk kan ke pin digital 13
  pinMode(13, OUTPUT);
}

// fungsi loop untuk mengulang program berkali-kali
void loop() {
digitalWrite(13, HIGH);   // Kondisi high LED akan menyala – inilahcarague

delay(500); // waktu tunggu
digitalWrite(13, LOW); // Kondisi high LED akan menyala – inilahcarague

delay(500); // waktu tunggu
}

// inilahcarague

  • Nah tinggal klik menu "verify" deh, nunggu beberapa detik, setelah itu klik menu "upload" disebelah menu "verify"

  • Nah kelar deh, Papan Arduino ente udah kemasukan program "blink". Langkah selanjutnya siapkan resistor dan LED dan rangkai di project board dengan kabel jumper, yang positif dapat pin 13 dsan yang negatif hubungkan ke ground dai arduino. 
  • Taraaaaaa.... LED akan kelap kelip,,,,,  Oh ya biar bisa kelap kelip Papan Arduino harus dihubungkan ke USB laptop atau pake adaptor charger hp juga bisa, soalnya biar dapat arus ya gengs.
Akhir Kata
Demikian info sedikit tentang Beajar program awal Arduino - Blink lampu berkedip. Kalo kalian punya pertanyaan saran curhat seputar dunia teknologi jangan sungkan untuk sharing-sharing ke mimin aja. Yupsss kiranya udah cukup untuk coretan ini.

Matur Tengkiyu - Semoga bermanfaat dan berkah

Posting Komentar

1 Komentar